Rabu, 20 Juli 2011

Angka "Keramat" 67 dari Mandela

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Perayaan ulang tahun ke-93 Nelson Mandela bakal gegap gempita. Apalagi, yayasan yang didirikan tokoh hak asasi manusia (HAM) itu menetapkan angka yang terbilang "keramat", 67.

Menurut warta AP dan AFP pada Senin (18/7/2011), angka tersebut bahkan menjadi desakan bagi rakyat Afrika Selatan, negara asal Mandela, untuk bekerja sosial. Angka 67 sejatinya mengingatkan orang terhadap 67 tahun waktu yang diberikan Mandela dalam berjuang secara politik bagi kemajuan Afrika Selatan.

Sekitar 12,5 juta anak sekolah di seluruh negara itu secara serentak akan menyanyikan lagu "Happy Birthday Tata Madiba"—lagu yang sengaja diciptakan untuk merayakan ultah Mandela kali ini. Para siswa rencananya akan menyanyikan lagu tersebut pada pukul 08.05 waktu setempat.

Mandela sendiri dijadwalkan merayakan hari ulang tahun bersama keluarganya di desa tempat dia menghabiskan masa kecilnya di kawasan Eastern Cape.

Mandela sejak tahun 2004 memang semakin jarang tampil di hadapan rakyat negara tersebut. Kondisi kesehatannya pernah dikabarkan sedikit memburuk saat menderita infeksi saluran pernapasan akut.

Setelah sempat menjalani perawatan di rumah sakit, Januari lalu, dia diperbolehkan pulang dan menjalani perawatan intensif di rumahnya. Mandela terakhir kali tampil di hadapan publik ketika menutup Piala Dunia 2010.

Sosial

Nelson Mandela setelah berhenti berpolitik mulai mendorong berbagai kegiatan sosial lewat yayasan yang didirikannya, Nelson Mandela Foundation. Yayasan ini mendapat dukungan dari Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon.

Melalui kegiatannya yang mengajak orang meluangkan waktu 67 menit bagi gerakan sosial, mereka ingin ulang tahun Mandela menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk membuat dunia lebih baik lagi.

"Jika seseorang bisa mendedikasikan 67 tahun hidupnya untuk berbuat sesuatu yang baik bagi dunia ini, bayangkan jika apa yang bisa didapat jika setiap orang memberikan 67 menit waktunya untuk melakukan hal yang serupa," kata ketua yayasan itu, Achmat Dangor.

Imbauan tersebut sejauh ini telah mendapat respons dari sejumlah perusahaan, selebritas, dan lembaga sosial yang telah merencanakan kegiatan bersifat sukarela pada hari ultah Mandela. "Cara terbaik berterima kasih terhadap karya Nelson Mandela adalah dengan cara bekerja bagi sesama dan menjadi inspirasi bagi perubahan," kata Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Sementara itu, dalam pernyataaanya menyambut ulang tahun Mandela, Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengatakan, kehidupan Mandela dan karya yang ditinggalkannya telah jelas menunjukan adanya kebijaksanaan, kekuatan, dan keanggunan.
Mandela selama berkarier di dunia politik pernah menjalani hukuman penjara selama 27 tahun akibat prinsip perjuangannya menentang apartheid. Dia dibebaskan tahun 1990 dan menang mutlak dalam pemilu 1994 yang kemudian membawanya menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Dalam pemilu tersebut untuk pertama kalinya masyarakat mayoritas kulit hitam boleh memberikan hak suaranya. Mandela kemudian berhenti sebagai Presiden pada 1999 dan digantikan oleh Thabo Mbeki.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 20 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/angka-keramat-67-dari-mandela.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar