Sabtu, 30 Juli 2011

Rusia Usulkan Penenggelaman Stasiun Luar Angkasa

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Umur Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) tinggal 9 tahun lagi atau hingga tahun 2020. Kini mulai muncul kebingungan tentang apa yang kelak harus dilakukan terhadap ISS. Haruskah dibiarkan di antariksa dan menjadi "sampah"?

Vitaly Davydov dari agensi antariksa Rusia, Roskosmos, mengatakan, ISS sebaiknya ditenggelamkan. "Setelah menuntaskan fungsinya, kami akan meminta penenggelaman ISS. ISS tak bisa tetap di orbit, terlalu kompleks, terlalu berat, dan menjadi sampah antariksa," kata Davydov.

Sampah antariksa akan menjadi masalah besar. Beberapa waktu lalu, sampah antariksa hampir saja menabrak ISS dan memaksa para astronot yang sedang bertugas berlindung di pesawat penyelamat. Jika dibiarkan, maka sampah angkasa juga bisa menjadi gangguan bagi misi antariksa selanjutnya.

Usulan Rusia menenggelamkan ISS sebenarnya bukan hal mengejutkan. Pasalnya, Rusia pernah menenggelamkan Stasiun Luar Angkasa Mir hasil pengembangannya ke Pasifik pada tahun 2001. Sejauh ini, belum ada tanggapan, termasuk dari Amerika Serikat, berkaitan dengan usulan itu.

Selain mengusulkan penenggelaman ISS, Davydov juga mengatakan bahwa belum jelas apakah stasiun luar angkasa nanti masih dibutuhkan. Namun mengingat adanya misi untuk mengeksplorasi semesta secara lebih dalam, stasiun luar angkasa mungkin bisa dijadikan basis pembuatan komponen untuk membantu misi lain.

Bulan ini, Rusia mendeklarasikan permulaan era Soyuz seiring berakhirnya misi ulang alik NASA. Rusia juga mengumumkan bahwa pesawat Soyuz yang ada saat ini akan digantikan oleh pesawat yang lebih mumpuni. Tes penerbangan pesawat Soyuz yang baru akan dilangsungkan pada 2015.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 30 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/rusia-usulkan-penenggelaman-stasiun.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar