Rabu, 27 Juli 2011

Berlibur Gunakan KA? Ini Dia Tipsnya...

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
(News Today) - Pada saat musim liburan tiba, berbagai alat transportasi umum laris manis untuk ditumpangi, salah satunya kereta api yang menjadi favorit para penumpang. Selain jalur keretanya yang banyak tersedia, harga untuk menaiki alat transportasi ini juga terjangkau.

Tak heran, jika kereta api menjadi pilihan penumpang saat melakukan kegiatan sehari-hari, hingga berpergian untuk berlibur bersama keluarga. Hanya saja, kadang Anda harus siap untuk berdesakan dengan penumpang lain, karena kapasitas yang ditampung oleh kereta api cukup banyak. Terlebih bagi Anda yang berpergian jarak jauh, harus serba waspada dan berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut beberapa panduan ketika Anda berlibur menggunakan kereta api:

Pertama, sebelum berangkat pastikan Anda telah melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari, terutama pada saat musim liburan tiba tiket kereta akan diserbu oleh para wisatawan, minimal 2 atau 3 hari sebelum keberangkatan. Disarankan untuk membeli tiket di loket resmi, via online, atau cabang lembaga tertentu yang telah bekerja sama dengan pengurus kereta api, dan jangan mudah tergoda oleh calo tiket kereta api yang menawarkan tiket dengan harga murah.

Kedua, harus memperkirakan waktu keberangkatan dengan jarak perjalanan yang ditempuh dari rumah Anda. Terkadang jam yang tersedia di stasiun kereta api berbeda dengan jam pribadi Anda. Jadi, lebih baik menunggu daripada ditinggalkan oleh kereta.

Ketiga, bawalah barang keperluan Anda secukupnya dan disarankan untuk memakai tas ransel, agar mudah untuk dibawa kemana pun Anda berjalan. Untuk barang-barang penting, sebaiknya pisahkan dengan tas pakaian Anda. Gunakan pakaian senyaman mungkin, dan hindari pula menggunakan perhiasan yang berlebihan. Disarankan selain membawa air mineral, siapkan juga minuman berisotonik agar tetap fit selama perjalanan. Sediakan juga makanan untuk Anda di dalam kereta, karena selain untuk berhemat, biaya makanan di dalam kereta tergolong mahal.

Keempat, ketika Anda telah berada di dalam kereta api, simpan barang-barang Anda di tempat yang aman dan letakkan ransel beserta barang penting tepat di depan badan Anda demi alasan keamanan. Siapkan diri Anda untuk berdesakkan dengan orang lain terutama bagi yang memilih kelas ekonomi. Pastikan tiket Anda jangan hilang, karena pemeriksaan tiket kereta api tidak langsung dilakukan dipintu masuk kereta, melainkan saat kereta sudah berjalan melaju kencang.

Kelima, sesampainya di stasiun kedatangan periksa kembali barang-barang bawaan Anda. Jika membutuhkan bantuan porter untuk mengangkat barang Anda, carilah yang mengenakan seragam resmi. Awasi pula barang yang sedang dibawa dan usahakan berada di belakang porter tersebut. Tetaplah waspada, jangan lalai dan jaga kondisi kesehatan Anda agar liburan tetap menyenangkan.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 27 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/berlibur-gunakan-ka-ini-dia-tipsnya.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar