Rabu, 10 Agustus 2011

Kecelakaan Pemudik Diprediksi Meningkat

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Jakarta, Indonesia (News Today) - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyayangkan peniadaan kereta api combi yang mengangkut penumpang sekaligus sepeda motornya. Dengan ketiadaan kereta api ini, ditakutkan akan meningkatkan kembali jumlah kecelakaan lalu lintas saat mudik.

"Pemudik bersepeda motor diperkirakan akan tinggi. Sayangnya, justru angkutan kereta seperti tahun lalu dihapus," kata pakar transportasi dari MTI, Darmaningtyas di Gedung Arva, Jakarta, Rabu (10/8/2011).

Menurut dia, penyediaan kereta api khusus ini lantaran waktu persiapan dan sosialisasi yang terlalu singkat. Karena keberadaan kereta khusus pada tahun 2009 dan 2010 ini berhasil menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik. Berdasarkan data yang dihimpun oleh MTI, pada tahun 2009 jumlah korban kecelakaan tercatat 4.045 jiwa dari total jumlah pemudik 2,2 juta.

Dengan rincian, 702 meninggal, 1.646 luka berat dan 1.697 luka ringan. Sementara itu, pada tahun 2010 jumlah korban kecelakaan menurun secara signifikan menjadi 1.658 jiwa dari jumlah pemudik 2,3 juta. Dengan rincian, 328 korban tewas, 438 luka berat dan 892 luka ringan.

"Kereta api mestinya dapat dijadikan sarana utama angkutan lebaran untuk mengurangi kecelakaan. Sayang, harapan ini tidak akan terpenuhi pada angkutan Lebaran 2011," tutur Darmaningtyas.

Ketua Umum MTI, Danang Parikesit menyatakan, semestinya persiapan angkutan Lebaran ini sebaiknya dilakukan enam bulan sebelumnya. Sehingga banyak pihak yang diuntungkan baik calon pemudik maupun penyelenggara mudik.

"Ini hanya sebulan saja persiapannya sehingga jika mau ada perombakan kan terlalu mepet. Jadi sudah baik jika persiapannya enam bulan sebelumnya," jelasnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 11 Aug, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/08/kecelakaan-pemudik-diprediksi-meningkat.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar