Selasa, 28 Juni 2011

Kementrian Diminta Alokasikan Anggaran untuk TKI

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar saat menemui wartawan disela-sela kunjungannya di PT.Gudang Garam Tbk, Kediri, Jawa Timur, Jum'at (3/6/2011).

Jakarta, Indonesia (News Today) - Semua kementrian diminta untuk mengalokasikan penghematan anggaran untuk diberikan program kepada pemberdayaan dan pengurangan pengangguran di daerah basis TKI (Tenaga Kerja Indonesia).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, usai menghadiri rapat koordinasi sejumlah menteri terkait moratorium TKI di Kementrian Koordinasi Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin ( 27/6/2011 ).

"Dari (Kementrian) Pekerjaan Umum ada. Dari kami (Kemenakertrans) tentu saja, dari PNPM Mandiri, dari sektor kelautan. Berbagai sektor dengan kita hitungan, insya Allah semua tenaga kerja yang tidak berangkat bisa ditangani," ungkap Muhaimin.

Ia menyebutkan program bantuan untuk TKI ini bervariasi tergantung kementrian masing-masing. "Ada PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) Mandiri, padat karya produktif untuk perempuan, peternakan, pertanian, kerajinan, wirausahawan," tambahnya terkait jenis program tersebut.

Muhaimin menyebutkan, sejumlah program ini sebenarnya telah berjalan. Sehingga yang dilakukan saat ini lebih kepada fokus lebih lanjut. "Peningkatan tambahan mengantisipasi ke moratorium," ungkapnya.

Terkait penghematan setiap kementrian, ia belum bisa menyebutkan rata-rata jumlah dana, bagi tambahan jenis maupun intensifikasi program kepada TKI. "Semua departemen kan punya penghematan, tetapi beberapa program yang tidak prioritas kayak kajian, itu digeser ke program (ini)," tambahnya.

Bentuk penyaluran dana pun bervariasi tergantung program setiap kementrian. Ada yang langsung, ada yang melalui PNPM. "Dua hari ini kan sedang digodok di Kementrian Keuangan. Ya langsung bulan depan saya kira," ungkapnya terkait jumlah penyaluran dana, dan kapan penyalurannya.

Hal yang pasti pemerintah harus menyediakan sekitar 2,5 juta lapangan pekerjaan, terhadap TKI yang tidak jadi berangkat sekitar 15-20 ribu per bulannya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 28 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/kementrian-diminta-alokasikan-anggaran.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar