Rabu, 15 Juni 2011

"Circle Line" KRL Beroperasi Akhir Tahun

Jakarta, Indonesia (News Today) - PT KAI Commuter Jabodetabek merencanakan untuk menerapkan pola operasional tahap kedua untuk kereta rel listrik. Pola circle line ini akan diterapkan mulai akhir tahun.

Corporate Secretary PT KAI Commuter Jabodetabek Makmur Syaheran, Senin (13/6/2011) di Jakarta, mengatakan, pola baru operasional KRL itu akan diberlakukan setelah kondisi dan kapasitas prasarana dan sarananya siap. Perubahan ini mengikuti pola operasional tunggal yang mengubah perjalanan KRL dari 37 rute menjadi 5 rute dengan penerapan circle line di lintas tengah.

"Dengan perubahan menjadi 5 rute, diharapkan tidak ada penyusulan dan tidak terjadi lagi crossing antar-KRL yang berbeda rute yang terdapat di lintas KRL komuter Jabodetabek," Makmur Syaheran ketika dihubungi wartawan, Senin siang. Dengan sistem circle line, kata Makmur, kereta akan berjalan melintasi rute Jatinegara, Manggarai, Tanah Abang, Duri, Jakarta Kota, Senen, dan kembali lagi ke Jatinegara. Begitu seterusnya.

Sebelum perubahan pola operasi tahap kedua tersebut dilaksanakan, perubahan pola operasi tahap pertama juga akan dilakukan mulai 2 Juli 2011. Pada tahap pertama ini, KRL akan berhenti di setiap stasiun dan tidak akan ada penyusulan antar KRL.

Makmur mengatakan, dengan perubahan pola operasi ini, jumlah perjalanan KRL akan lebih maksimal dan lebih baik dari sisi pengendalian operasi KRL. Selain itu, akan lebih banyak penumpang yang terangkut.

Adapun lima rute yang sedianya akan efektif beroperasi pada akhir tahun 2011 adalah rute I yang melintas Bogor-Manggarai-Tanah Abang-Duri-Jakarta Kota-Jatinegara. Rute II melintas Parung-Panjang-Serpong-Tanah Abang. Rute III menempuh jalur Tangerang-Duri. Rute IV melewati Tanjung Priok-Jakarta Kota, dan rute IV melintasi Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 15 Jun, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/06/circle-line-krl-beroperasi-akhir-tahun.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar