Selasa, 19 Juli 2011

Pemerintah Akan Awasi dan Kontrol Ayam "Tiren"

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Petugas Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul menunjukkan ayam bangkai yang berhasil disita. Dalam operasi ini petugas gabungan berhasil menyita puluhan ekor ayam bangkai siap jual.

Jakarta, Indonesia (News Today) - Mengantisipasi beredarnya ayam "tiren" alias ayam bangkai, pemerintah lakukan pengawasan dan kontrol di pasar-pasar. Selain itu, koordinasi juga dilakukan dengan sejumlah pihak terkait.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Gunaryo di Bogor, Senin (18/7/2011).

Terkait hal ini, Ketua Forum Masyarakat Perunggasan Indonesia Don P Utoyo menambahkan bahwa produsen ayam tidak ada niatan sama sekali untuk memproduksi dan menjual ayam tiren.

"Kalaupun itu ada, itu hanya ulah satu-dua orang pedagang. Kami sepakat yang seperti itu harus ditindak karena itu merugikan perunggasan secara keseluruhan," ujar Don.

Upaya untuk mengantisipasi ayam tiren pun dilakukan oleh Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional, dengan membuat standard operating procedur (SOP) kepada para peternak.

"Misalnya, mengimbau kepada semua peternak untuk tidak menjual ayam yang mati. Biasanya para peternak lele atau peternak ikan itu membeli. Ini kami tidak berikan," ujar Tri Hardiyanto, Ketua Umum Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional.

Pemberian iodium juga harus diberikan kepada ayam yang mati agar warnanya berubah oleh rumah potong ayam (RPA) sehingga mudah dikenali sebagai ayam tiren.

Selain itu, kata dia, ayam yang digunakan untuk pakan ikan pun digodok sampai hancur. Sementara itu, yang tidak diberikan ke ikan harus dibakar melalui tungku pembakaran yang tersedia di RPA. "Jadi, saya pikir kasus ini sudah bisa mendekati nol," katanya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 20 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/pemerintah-akan-awasi-dan-kontrol-ayam.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar