Rabu, 20 Juli 2011

Malaysia Tolak Waria Ganti Nama

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Kuala Lumpur (News Today) - Satu pengadilan di Malaysia yang mayoritas Muslim pada Senin (18/7/2011) menolak permohonan seorang transeksual untuk mengubah namanya setelah menjalani operasi ganti kelamin.

Satu pengadilan tinggi di negara bagian Trengganu timur yang konservatif memutuskan bahwa jenis kelamin seseorang ditentukan pada saat dia lahir. "Sehingga Ashraf Hafiz Abdul Aziz, yang lahir laki-laki, tidak bisa mengubah nama di kartu identitasnya," kata pengacaranya.

"Saya takut dia ... kesulitan menghadapi kesehariannya," kata Horley Isaacs, pengacara Ashraf, kepada AFP. "Apa yang akan dilakukan orang ini sekarang? Apakah mungkin setelah operasi kelamin dia tetap harus pergi ke toilet pria?"

Isaacs mengatakan, Ashraf Hafiz, mantan asisten farmasi berumur 25 tahun, lahir dengan penis abnormal, bentuknya kecil. Karena kondisi yang abnormal ini, Ashraf lalu menjalani operasi ganti kelamin penuh di negara tetangga Thailand pada 2008.

Isaacs mengatakan, keluarganya mendukung niat Ashraf Hafiz untuk mengubah nama dirinya di kartu identitasnya ke Aleeshya Farhana, tetapi Departemen Registrasi Nasional telah menolak hal itu.

"Menurut ibunya, sejak saat masih anak-anak, dia telah berkelakuan sangat feminin. Selain itu, Ashraf dikenal baik dan berperilaku sopan," katanya.

Isaacs mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir hanya dua transeksual lainnya yang telah mengajukan permohonan ke pengadilan untuk diperbolehkan perubahan nama. Salah satu pelamar, pada tahun 2005, berhasil.

Transeksual atau transgender adalah orang-orang yang menghadapi diskriminasi sehari-hari dan pelecehan di Malaysia, serta banyak di antara mereka yang terpaksa mencari nafkah sebagai pekerja seks karena mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan lainnya.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 21 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/malaysia-tolak-waria-ganti-nama.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar