Kamis, 21 Juli 2011

KTP Elektronik Akan Segera Dilaksanakan

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
Petugas Satpol PP menunjukkan beberapa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disita saat operasi Yustisi di kawasan Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat, Kamis (23/10/2008).

Jakarta, Indonesia (News Today) - Pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) akan segera dilaksanakan per 1 Agustus 2011. Untuk tahap awal, DKI Jakarta akan menjadi pilot project pembuatan identitas tunggal ini.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI, Purba Hutapea, e-KTP ini mempunyai beberapa manfaat. Pertama, untuk menertibkan administrasi kependudukan dan dokumentasi. Kedua, untuk mengetahui jumlah penduduk wajib KTP dengan akurat. Ketiga, menjadi satu-satunya kartu identitas seseorang sehingga akan lebih aman karena tidak ada KTP ganda.

"Di KTP elektronik akan tercantum sidik jari, foto, tanda tangan, biodata, dan nomor induk kepegawaian," kata Purba. Pembuatan KTP ini akan berlangsung selama empat bulan.

Purba menegaskan, Jakarta siap menjalankan KTP elektronik pada 1 Agustus 2011. Kesiapan itu dalam bentuk persiapan ruangan, perekrutan operator sebanyak 1.414 orang, penambahan daya listrik, dan juga sosialisasi.

"Sosialisasi sudah mulai dilakukan melalui tatap muka dengan warga. Juga dengan radio dan spanduk," kata Purba.

Untuk sosialisasi di televisi, Purba mengatakan, akan dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri. "Kalau di televisi, butuh anggaran tinggi. Jadi itu ditangani pusat," ujar Purba.

Dengan dijalankannya e-KTP, tidak ada lagi warga DKI yang bisa memiliki KTP ganda. "Pemilik harus memilih karena nanti akan langsung ketahuan dia punya KTP dari daerah mana saja," kata Purba.

Namun untuk memilih daerah yang diinginkan, setiap orang harus bisa menunjukkan bukti-bukti otentik bahwa dia warga legal di daerah yang diinginkan. "Dia juga harus menyerahkan KTP-KTP yang dia miliki sehingga dia tidak lagi bisa mempunyai KTP lebih dari satu," tegas Purba.

Source : kompas

noreply@blogger.com (News Today) 21 Jul, 2011


--
Source: http://www.newsterupdate.com/2011/07/ktp-elektronik-akan-segera-dilaksanakan.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar